Breaking News

Doa Minta Kesembuhan Dari Sakit

Doa Minta Kesembuhan Dari Sakit - Yang namanya manusia pastinya pernah merasakan sakit, baik penyakit ringan maupun berat sekalipun. Jika dilihat dari pandangan Islam, setiap penyakit yang diderita seorang muslim sejatinya sebagai ujian kesebaran dari Allah. Selain itu, sakit ini juga bisa menjadi sarana penghapusan dosa.

Selain berobat, hal penting lainnya yang harus anda lakukan ketika sakit adalah berdoa agar anda atau orang lain yang sedang sakit bisa sembuh dengan izin Allah. Dalam hal ini, ada beberapa doa minta kesembuhan dari sakit yang bisa anda baca diantaranya :

1. Doa Menjenguk Orang Sakit

Berikut adalah doa untuk orang sakit yang bisa anda bacakan saat menjenguknya:

As alullahal ‘azhiim rabbal ‘arsyil ‘azhiim an yasyfiyaka.

Artinya : “Aku menohon kepada Allah yang agung, pelindung arasy yang megah agar menyembuhkanmu.”

2. Ini merupakan salah satu doa yang dapat diamalkan ketika ada anggota tubuh yang sakit. Misalnya, keseleo atau sakit gigi. Rasulullah shallallahu alaihi wassallam mengajarkan doa ini, sembari memerintah untuk meletakkan tangan di bagian yang sakit pada badannya.

Bismillah (3 x)

A’udzu billahi wa qudrotihi min syarri ma ajidu wa uhaadzir (7x)

Artinya : “Dengan menyebut nama Allah, aku berlindung kepada Allah dan kuasa-Nya dari kejelekan yang aku dapatkan dan aku waspadai.”

3. Doa Meminta Kesembuhan

Allahumma rabbannaas adzhibil ba’sa wa antasy syaafi laa syifaa’a illa syifakaa’uka, syifaa’an laa yughaadiru saqamaa.

Artinya : “Ya Allah Rabb manusia, hilangkanlah rasa sakit ini. Sembuhkanlah, Engkaulah Yang Maha Penyembuh. Tidak ada kesembuhan yang sejati kecuali kesembuhan yang tidak meninggalkan komplikasi rasa sakit dan penyakit lain.”

4. Doa Agar Diberikan Kesehatan

Allahumma ‘aafinii fii badanii allahumma ‘aafinii fii sam’ii allahumma ‘aafinii fi basharii la ilaha illa anta.

Artinya : “Ya Allah, sehatkan badanku. Ya Allah, sehatkan pendengarkanku. Ya Allah sehatkan penglihatanku. Tiada Tuhan selain Engkau.”

Doa dia atas bisa dibacakan di waktu pagi dan petang hari, masing-masin tiga kali. Selain doa di atas, anda juga bisa membaca doa Rasulullah Shollallahu alaihi wassallam agar diberikan kesehatan, yaitu :

Allahumma innii a’uudzu bika min zawaali ni’matik, wa tahawulli ‘aafiyatik, wa fujaa’ati niqmatik, wa jamii’i sakhotnik).

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya aku ini berlindung kepada-Mu dari hilangnya nikmat yang telah Ebgkau berikan, dari ubahnya kesehatan yang Engkau anugerahkan, dari siksa-Mu yang datang secara tiba-tiba, serta dari segala murka-Mu.”

5. Doa Saat Sakit Panas Atau Demam

Bismillahilkabiiri a’uudzubillaahil’adziimi min syarri’irqin na’aarin wamin syarrinnaari.

Artinya : “Dengan menyebut nama Allah yang Maha Besar, kami berlindung kepada Allah yang Maha Agung dari kerjahatan peluh yang mendidih dan kejahatan panasnya api.”

6. Doa Agar Terlindung Dari Penyakit Berbahaya

Allahumma inni a’udzubika minal barashi wal junuuni wal judzaami wa sayyi’il asqaami.

Artinya : “Ya Allah, aku berlindung pada-MU dari penyakit belang, penyakit gila, penyakit kusta, dan penyakit-penyakit buruk lainnya.”

A’udhu bi’izzatillahi wa qudratihi min sharri ma ajidu wa ‘uhadhiru

Artinya : “ Aku berlindung dengan Allah dan dengan kekuatan-Nya dari kejahatan yang menimpaku dan apa yang aku pahami.”

Allahumma inni audzubika minal-barashi, wal-junuuni, wal-judzami, wa min sayyiil-asqaam.

Artinya : “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari penyakit kulit, gila, lepra, dan dari segala penyakit buruk (mengerikan) lainnya.” (HR. Abu Daud no. 1554, Ahmad 3 : 192).

Tidak ada komentar