Breaking News

cara membuat lirik lagu yang menarik dan mudah dipraktikkan oleh pemula

cara membuat lirik lagu yang menarik dan mudah dipraktikkan oleh pemulaMendengarkan musik atau lagu terutama bagi kawula muda mungkin sudah menjadi kegiatan sehari – hari. Selain sebagai hiburan, mendengarkan musik atau lagu juga bisa mendatangkan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh seperti salah satunya membuat tubuh menjadi lebih rileks dan bahagia. Tentunya hal itu tidak terlepas dari irama maupun lirik lagu yang kuat.

Lirik lagu menjadi salah satu faktor penentu sebuah lagu bisa meraih kesuksesan. Nah, jika kamu tertarik ingin membuat lirik lagu sendiri, maka terdapat beberapa langkah khusus yang perlu diperhatikan. Sebab, kekuatan lirik sebuah lagu bisa mengubah suasana hati, sikap, cara berpikir, bahkan hingga perilaku seseorang.

Berikut ini cara membuat lirik lagu yang menarik dan mudah dipraktikkan oleh pemula :

Memahami Struktur Lagu

Untuk membuat lirik lagu yang menarik, kamu perlu memahami dulu struktur lagu. Terdapat beberapa bagian atau unsur penting dalam lagu yang perlu dipahami antara lain intro, bait, chorus, dan bridge. Selain itu, kamu pun perlu memahami struktur AABA yang merupakan salah satu struktur dasar dalam sebuah lirik lagu.

Struktur AABA ini merupakan salah satu struktur yang paling banyak digunakan dalam musik modern. Dalam ilmu struktur lagu, umumnya A menandakan bait, sementara B menandakan chours. Yang mana dalam struktur lagu ini terdiri dari dua bait, satu chours, dan bait terakhir.

Menentukan Tema Lirik

Hal selanjutnya yang perlu kamu perhatikan untuk membuat lirik lagu menarik adalah menentukan tema. Pastikan kamu sudah menentukan dengan jelas tema yang ingin diangkat didalam lirik lagu tersebut sebelum mulai menulisnya. Contohnya, jika kamu ingin membuat lagu dengan tema persahabatan, maka kembangkan alur cerita tentang sahabat didalam lirik lagu tersebut.

Menentukan Kata – Kata

Cara membuat lirik lagu yang menarik selanjutnya adalah menentukan kata – kata yang tepat dan menarik. Dalam proses menemukan kata – kata yang tepat dan menarik ini, pastikan kamu memilih kata – kata yang jujur dan menghindari seluruh lirik berirama. Selain itu, hindari juga menggunakan frase yang aneh hanya untuk mendapatkan lirik lagu yang berirama, karena sebenarnya lirik sebuah lagu tak perlu berirama sama sekali.

Pembuatan Melodi

Salah satu ciri lirik lagu yang baik dan menarik adalah memiliki makna mendalam dengan ritme yang terkendali. Sebaiknya kamu mencari melodi yang sudah ditulis saat pertama kali menulis lirik lagu. Hal itu menjadi salah satu cara mudah membuat lirik lagu dibandingkan dengan menciptakan melodi sendiri.

Untuk membuat lirik lagu yang menarik dengan melodi tersebut, kamu bisa menulisnya sendiri atau meminta bantuan teman yang bisa memainkan alat musik. Buatlah rentang nada yang tidak terlalu jauh saat membuat melodi agar orang lain bisa ikut menyanyikannya. Selain itu, agar nantinya ada jeda untuk bernafas saat menyanyikan lirik lagu tersebut, sebisa mungkin berilah ketukan ekstra di beberapa bagian lagu.

Proses Menyelesaikan Lirik Lagu

Setelah sebuah lirik lagu yang menarik berhasil dirangkai, pastikan kamu membaca dan meneliti kembali tulisan yang sudah dibuat tadi. Jika terdapat kata – kata yang dirasa kurang tepat, maka kamu bisa memperbaikinya hingga benar – benar menjadi sempurna. Sebab, saat lirik sebuah lagu yang sudah dibuat dimainkan bersama alat musik, maka tidak menutup kemungkinan akan terjadi beberapa perubahan.

Selain itu, kamu pun bisa mengedepankan hasil karya lagu tersebut. Dalam tahap ini, kamu hanya peru diamkan lirik lagu yang sudah dibuat sekitar 7 atau 10 hari. Kamu perlu melakukan hal ini untuk memperbaiki lirik lagu yang sudah dibuat jika memang merasa ada yang kurang pas.

Tidak ada komentar