Breaking News

4 Resep Masakan yang Berbahan dari Sayuran

4 Resep Masakan yang Berbahan dari Sayuran - Sayuran sangat bagus untuk tubuh, maka sayuran harus dikonsumsi rutin oleh setiap orang. Masakan berbahan sayuran juga bisa kita masak sendiri di rumah, agar dapat kita konsumsi untuk sehari-hari. Berikut adalah beberapa resep masakan yang berbahan dari sayuran.

Tumis bayam

Untuk membuat tumis bayam, pertama kamu siapka 2 ikat bayam yang dipetik daunnya, 3 siung bawang putih yang dimemarkan, 3 siung bawang merah yang dicincang kasar, 200 ml kaldu ayam cair, lada, garam, minyak goreng.

Cara memasaknya pertama cuci bersih bayam dan tiriskan lalu sisihkan. Tumis bawang merah dan putih. Masukkan bayam dan masak sampai layu. Masukkan kaldu ayam cair dan didihkan. Beri lada dan garam. Tumis bayam pun siap disajikan

Tumis bayam tahu

Untuk bahannya kamu butuh 1 ikat bayam yang disiangi daunnya, 1/2 tahu putih yang dipotong dadu, 2 siung bawang putih diiris tipis, 3 siung bawang merah yang diiris tipis, 3 buah cabai rawit iris tipis, 1 sdt kecap asin, 1 sdm kecap manis, 1 sdt saus tiram, lada secukupnya, garam secukupnya, gula secukupnya.

Cara memasaknya pertama goreng tahu setengah matang lalu angkat dan sisihkan. Tumis bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit. Masukkan bayam dan tuang sedikit air, lalu aduk rata. Masukkan tahu, tuang kecap asin, kecap manis, saus tiram, beri lada, dan garam. Kemudian masak sampai matang.

Sayur lodeh tahu tempe

Pertama-tama kamu siapkan 1 kotak tempe yang dipotong dadu sesuai selera, 1 kotak tahu dipotong dadu sesuai selera dan digoreng sampai bagian luarnya kering, 2 lembar daun jeruk, 2 butir kemiri halus, 200 ml santan kelapa, 1 ruas lengkuas yang dimemarkan, 2 cm kunyit halus, 4 siung bawang putih halus, 8 siung bawang merah halus, gula secukupnya, 7 buah cabai rawit halus, garam secukupnya, penyedap masakan secukupnya, (optional).

Cara membuatnya yang pertama kamu panaskan sedikit minyak lalu tumis bumbu halus sampai harum. Bumbu juga bisa digoreng utuh dan dihaluskan setelah digoreng. Tambahkan sedikit air ke dalam bumbu, aduk rata, rebus hingga mendidih. Lalu masukkan tempe dan tahu ke dalam bumbu, tambahkan lengkuas dan daun jeruk. Masak tahu tempe bersama bumbu sampai matang dan bumbu meresap. Tambahkan santan kelapa, kemudian masak lagi sampai mendidih.

Sayur lodeh nangka

Pertama kamu siapkan bahan 2000 cc santan dari 2 butir kelapa, 300 gram labu siam dipotong, 3 cm lengkuas, 1 buah terong dipotong, 3 siung bawang putih halus, 200 gram nangka muda dipotong, 100 gram daun melinjo muda, 2 lembar daun salam, 2 sendok teh gula merah sisir tapi dapat diganti dengan gula pasir, 8 kacang panjang yang dipotong-potong, 2 cm kencur halus, 3 buah cabai hija yang diiris, 1/2 sendok teh ketumbar, 2 sendok makan garam, 8 butir bawang merah halus, 3 butir kemiri sangrai halus, 1/2 sendok teh terasi goreng.

Cara membuatnya yang pertama rebus santan, bumbu halus, daun salam dan lengkuas hinga mengeluarkan harum. Lalu masukkan nangka muda, gula merah, dan juga garam. Lalu rebus  sampai matang. Masukkan labu siam, terong, kacang panjang, cabai hijau, dan daun melinjo dan masak sampai lodeh matang. Sayur lodeh nangka pun siap disajikan.

Tidak ada komentar