Breaking News

Menikmati 8 Daerah Wisata Paling Terkenal Di Kepulauan Riau

Menikmati 8 Tempat Wisata Paling Populer Di Kepulauan Riau  


 Tempat Wisata Paling Populer Di Kepulauan Riau  MENIKMATI 8 TEMPAT WISATA PALING POPULER DI KEPULAUAN RIAUProvinsi Kepulauan Riau merupakan Gerbang Wisata dari mancanegara kedua sesudah Pulau Bali. Objek Wisata Pantai di Provinsi Kepulauan Riau banyak terdapat di kabupaten-kabupaten menyerupai Pulau Penyengat, Pantai Trikora dan Pantai Lagoi di Pulau Bintan atau Pantai Penat. 



Selain wisata pantai dan bahari, Kepulauan Riau juga mempunyai Cagar Budaya, Makam-makam bersejarah, tari-tarian tradisional serta event-event khas daerah.

Kawasan wisata di Kepulauan Riau juga mendapat banyak penghargaan. Treasure Bay di Lagoi, Bintan merupakan kolam renang air asin terbesar di Asia Tenggara, Patung Dewi Kwan Im di KTM Resort yang tertinggi se-Asia Tenggara, Vihara Avalokitesvara Graha yang terbesar se-Asia Tenggara, Patung Dewi Kwan Im di dalam Vihara Avalokitesvara Graha merupakan patung Dewi Kwan Im terbesar yang terdapat dalam sebuah ruangan se-Indonesia, Pulau Bawah di Anambas yang termasuk pulau tropis terbaik Asia versi CNN, Pantai Sisi di Natuna yang termasuk pantai alami terbaik di dunia versi majalah Island, dan Funtasy Island yang merupakan tempat agrowisata terbesar di dunia.

Berikut 8 Tempat Paling Populer Di Kepulauan Riau yang sanggup Anda nikmati ketika berkunjung ke Kepulauan Riau.


1. Pulau Penyengat


 Tempat Wisata Paling Populer Di Kepulauan Riau  MENIKMATI 8 TEMPAT WISATA PALING POPULER DI KEPULAUAN RIAUPulau Penyengat ialah sebuah pulau kecil berukuran panjang 2.000 meter  dan lebar 850 meter berjarak 2 km dari kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Riau. Di pulau ini banyak tersimpan peninggalan bersejarah menyerupai Masjid Raya Sultan Riau yang terbuat dari putih telur, Makam-makam para Raja, Makam Pahlawan Nasional Raja Ali Haji, Komplek istana, kantor dan benteng pertahanan di Bukit Kursi.

Di Pulau Penyengat, Anda juga sanggup menyaksikan 2 buah Alqur'an goresan pena tangan yang tersimpan di dalam Masjid Sultan Riau Pulau Penyengat. Selain itu Anda juga sanggup melihat replika Rumah Adat Melayu yang pernah ada di Pulau Penyengat ini serta dibagian bawah Rumah Adat ini terdapat sumur air tawar yang konon sudah berusia berabad-abad dan hingga kini airnya masih mengalir dan sanggup pribadi Anda minum.


2. Pantai Penat


 Tempat Wisata Paling Populer Di Kepulauan Riau  MENIKMATI 8 TEMPAT WISATA PALING POPULER DI KEPULAUAN RIAUPantai Penat memperlihatkan keindahan dan kealamian pantai yang akan mengatakan kenyamanan dan ketentraman hati buat Anda. 

Di Pantai Penat, Anda akan disuguhi pemandangan laut biru yang begitu luas yang sangat indah dan memanjakan mata para wisatawan, dengan pasirnya yang putih dan membentang di tepian pantai, dan di lengkapi dengan pemandangan alam hijau yang lainnya. Di Pantai Penat Anda juga sanggup melaksanakan acara kegiatan lain yang menyenangkan, menyerupai memancing, berselancar, maupun hanya bersantai dan berjemur saja. Di sore hari, pengunjung Pantai Penat ini semakin ramai, alasannya ialah memang banyak pengunjung yang sangat tertatik dengan keindahan pesona sunset di Pantai Penat.


3. Pulau Bintan


 Tempat Wisata Paling Populer Di Kepulauan Riau  MENIKMATI 8 TEMPAT WISATA PALING POPULER DI KEPULAUAN RIAUPulau Bintan memperlihatkan banyak sekali macam objek wisata yang sanggup Anda kunjungi kalau berkunjung ke pulau indah ini. Bintan Resort merupakan tujuan utama oleh para wisatawan ini ialah sebuah tempat yang mempunyai pantai yang indah seluas 23.000 Ha. Berpasir putih dan menghadap ke Laut Cina Selatan, pantai ini memperlihatkan sejuta atraksi bagi para wisatawan, menyerupai berenang, memancing, snorkeling, surfing, diving, banana boat, flying fish, kayaking, berpetualang dan menikmati ekowisata yang sanggup Anda lakukan di sini.
 
Tak berhenti di Bintan Resort, masih ada segudang koleksi alam yang disimpan oleh Pulau Bintan. Kemudian, kembali mencicipi aroma peradaban masa kemudian juga akan Anda rasakan kala memasuki lokasi wisata sejarahnya. Diantaranya adalah:  Pantai Sakera, Pantai Trikora, Pantai Lagoi, Gunung Bintan, Pulau Penyengat,Danau Biru, Vihara Ksitigarbha Bodhisattva, Sunbulat Sari Resort Lagoi Resort, Nirwana Resort Lagoi Resort, Mana-mana Beach Lagoi Resort, Banyan Tree Resort Lagoi Resort, Ria Bintan Golf Lagoi Resort, Bintan Agro Resort,Bintan Lagoon Resort Lagoi Resort,Bintan Agro Beach Resort Bintan Agro Resort dan masih banyak lagi yang lainnya yang tentunya akan memanjakan liburan Anda di Pulau Bintan ini.


4. Gunung Ranai


 Tempat Wisata Paling Populer Di Kepulauan Riau  MENIKMATI 8 TEMPAT WISATA PALING POPULER DI KEPULAUAN RIAUGunung Ranai ialah sebuah gunung dataran rendah setinggi  berkisar 300 - 1.035 mdpl yang terletak di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau. Di gunung ini Anda sanggup mendaki dengan fenomena yang cukup menarik yaitu gradasi jenis-jenis tumbuhan dari hutan dataran rendah hingga hutan dataran atas. 

Pada ketinggian tertentu Anda akan menemukan tipe-tipe vegetasi yang memperlihatkan ciri khas pegunungan dataran atas. Gunung Ranai juga mempunyai tiga puncak yaitu Puncak Serendit dengan ketinggian 968 mdpl, Puncak Erik Samali yang berada pada ketinggian 999 mdpl serta Puncak Datuk Panglima Husin yang terletak pada ketinggian 1.035 mdpl  


5. Sungai Sebong


 Tempat Wisata Paling Populer Di Kepulauan Riau  MENIKMATI 8 TEMPAT WISATA PALING POPULER DI KEPULAUAN RIAUPATA Gold Award 2003, sebagai Hutan Bakau dengan kekayaan Flora dan Fauna.

Salah satu tempat di Pulau Bintan dengan kualitas Hutan Bakau yang masih anggun ada di sepanjang Sungai Sebong ini. Dengan potensi yang dimilikinya, Pemerintah Kabupaten Bintan menetapkan tempat ini sebai bab dari objek-objek wisata andalan di Kabupaten Bintan. Daya tarik tempat wisata ini kian bertambah sesudah beberapa tahun belakangan masyarakat setempat memanfaatkannya sebagai lokasi untuk wisata memancing. Wisatawan akan disuguhi bagaimana nelayan setempat memeragakan kebolehannya dalam menangkap ikan. Untuk menarik perhatian para wisatawan, nelayan setempat sengaja tidak memakai perlengkapan modern, melainkan menentukan memakai alat-alat penangkap ikan tradisonal.

Kegiatan wisata ini sangat sederhana. Nelayan setempat hanya membawa wisatawan mengarungi Sungai Sebong dengan memakai sampan (perahu tradisional) sembari beliau memeragakan keahliannya dalam menangkap ikan. Di Sungai yang hening dan dikelilingi oleh hutan bakau ini, wisatawan juga sanggup menyaksikan aneka satwa menari-nari lincah di pohon-pohon bakau memperlihatkan ketangkasannya seolah-olah tak mau kalah dengan kecekatan para nelayan dalam menangkap ikan.  


6. Pantai Trikora


 Tempat Wisata Paling Populer Di Kepulauan Riau  MENIKMATI 8 TEMPAT WISATA PALING POPULER DI KEPULAUAN RIAUPantai Trikora ialah salah satu pantai wisata yang terletak di Pulau Bintan. Pantai dengan pasir putih serta ombak yang landai dengan batuan-batuan indah di bibir pantai. Di pantai ini Anda akan dimanjakan dengan resort-resort mewah, tempat konservasi padang lamun, rumah makan seafood hingga hutan mangrove.


Pantai Trikora menjadi objek wisata dengan air nya yang jernih dan dangkal juga tersedianya beberapa akomodasi penunjang. Pantai Trikora dibagi menjadi tempat resor dan tempat umum. Untuk memasuki tempat resor, anda harus check-in terlebih dahulu di resor-resor glamor yang terdapat di Trikora. Sedangkan untuk tempat umum, anda hanya harus menyewa pondok-pondok kayu yang cukup untuk satu keluarga. Di tempat umum, anda tidak harus membayar parkir. Penyewaan pelampung, alat pancing, dan alat snorkeling juga tersedia di pantai ini. Beberapa hotel di sana juga menyediakan paket tur menelusuri pulau tak berpenghuni, menyelam, dan permainan pantai menyerupai banana boat, kano, bermain layang-layang dan masih banyak lagi. Fasilitas lain menyerupai toilet dan tempat bilas tubuh juga tersedia.

Di garis pantai yang mempunyai panjang kurang lebih 25 kilometer ini tumbuh pepohonan yang sanggup menjadi tempat untuk berteduh menikmati ombak. Seperti pohon kelapa, pohon bakau, pohon cemara, serta pohon lain yang sanggup melindungi diri dari sengatan sinar matahari. Apalagi batu-batunya yang besar semakin menambah keindahan pantai ini. Wisata masakan di sekitar pantai ini berupa otak otak, masakan seafood, hingga tapai.
 

7. Gunung Bintan


 Tempat Wisata Paling Populer Di Kepulauan Riau  MENIKMATI 8 TEMPAT WISATA PALING POPULER DI KEPULAUAN RIAUGunung Bintan. Gunung yang bekerjsama menyerupai dengan sebuah bukit alasannya ialah hanya mempunyai ketinggian sekitar 400 mdpl. Gunung satu-satunya yang ada di Pulau Bintan ini merupakan salah satu daya tarik bagi wisatawan yang tiba ke Pulau Bintan dan juga sebagai daerah resapan air (catchment area).

Di gunung ini Anda akan banyak mendapat hal-hal menarik selama mendaki gunung ini. Gunung yang puncaknya sanggup di daki dalam waktu 2 jam ini menyimpan keindahan panorama alam yang memesona. Dari puncak  Gunung Bintan Anda sanggup menyaksilan keindahan panorama alam di sekeliling Pulau Bintan.

Sebagai tempat hutan hujan tropis, Di gunung ini Anda juga sanggup menikmati kekayaan tumbuhan dan fauna yang khas menyerupai tumbuhan tropis dan pohon-pohon raksasa yang berfungsi sebagai penyangga tempat hutan dari bahaya erosi, Di hutan resapan ini juga merupakan habitat dari binatang Monyet, Tupai, Ular, Pelanduk dan banyak sekali macam jenis burung.


8. Air Terjun Temurun



 Tempat Wisata Paling Populer Di Kepulauan Riau  MENIKMATI 8 TEMPAT WISATA PALING POPULER DI KEPULAUAN RIAUAir Terjun Temurun merupakan salah satu tempat objek wisata favorit dan unik  di Desa Batu Belah, Kabupaten Anambas, Provinsi Kepulauan Riau. Air terjun ini mempunyai 7 tingkatan yang bermuara di Selat Peniting. Air Temurun ini berasal dari Sungai Baruk yang berada pada ketinggian 250 mdpl. Dari kejauhan Air terjun setinggi 100 meter seolah-olah membelah hutan di perbukitan Pulau Siantan.

Dengan kondisi riam yang masih sangat asri dan alami serta pemandangan alamnya yang begitu indah menimbulkan Air Terjun Temurun sangat sayang untuk dilewatkan kalau Anda berkunjung ke Kepulauan Riau. 

Tidak ada komentar